• Sabtu, 4 Desember 2021

iPhone 14 Pro Akan Menggunakan USB Type-C?

- Senin, 22 November 2021 | 15:52 WIB
Bocoran Desain iPhone 14 (MacRumors)
Bocoran Desain iPhone 14 (MacRumors)



Space Media |
Kami baru saja menemukan suatu kabar yang cukup menarik untuk diliput, terkhususnya karena kabar ini menyangkut kehadiran iPhone 14 di tahun depan.

Apple sebelumnya terkena sedikit masalah karena kebijakan UNI Eropa yang akan segera memaksa semua perangkat ponsel harus menggunakan USB Type-C.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi Apple karena iPhone buatan mereka menggunakan port Lightning buatan mereka sendiri dan terancam tidak dapat diperjual belikan di Eropa.

Untuk mengatasi masalah ini kabarnya Apple akan mengganti port Lightning pada iPhone 14 Pro dari Lightning menjadi USB Type-C.

Ini akan menjadi kali kedua Apple mengganti port pengisian daya pada iPhone, yang sebelumnya di tahun 2012 lalu Apple menggantinya 30-pin menjadi Lightning yang jauh lebih kecil.

Baca Juga: Project Titan Sebagai Calon Mobil Pintar Pertama dari Apple Akan Muncul di Tahun 2025 Nanti?

Berdasarkan laporan dari iDropNews, beberapa sumber anonim mengatkan bahwa Apple memiliki rencana untuk mengganti port Lightning dengan USB Type-C di tahun depan.

Salah satu alasan Apple mengganti Lightning dengan USB Type-C karena memang kecepatan Transfer yang jauh lebih baik dibandingkan Lightning.

Salah satu contohnya adalah fitur Apple yang baru saja diperkenalkan pada iPhone 13 lalu , yakni ProRes.

ProRes yang dimiliki oleh iPhone memungkinkan video yang diream menggunakan iPhone memiliki kualitas editing kelas professional.

Tentu hal ini memakan kapasitas penyimpanan dan menjadi pekerjaan tambahan untuk menunggu waktu transfer dari kabel Lightning ke PC yang masih menggunakan USB 2.0.

Baca Juga: SAMSUNG Galaxy Tab S8 Ultra Akan Memiliki Poni, Sanggupkah Melawan iPad Pro?

Berdasarkan teori dari iDropNews jika video 4K memiliki kapasitas 720GB dan membutuhkan waktu 3 jam 45 menit untuk mengirim file tersebut ke PC.

USB Type C(Kiri), lightning (Tengah), Micro USB (Kanan) (Yoel Daud Edward)


Tetapi jika menggunakan USB Type-C dengan teknologi USB 4 seperti yang digunakan pada iPad Pro, maka hanya membutuhkan waktu 2 menit 38 detik sana untuk mengirim Video 4K tersebut.

Selain itu jika Apple menggunakan USB Type-C, sebenarnya Apple juga membantu mengurangi sampah elektronik di masa mendatang.

Kita bisa berimajinasi di saat semua ponsel memiliki port USB yang sama, maka kita tidak perlu lagi membeli begitu banyak kabel hanya untuk digunakan pada beberapa perangkat saja.

Bahkan proses produksi juga akan lebih ramah lingkungan dengan hanya memproduksi satu jenis dalam jumlah yang sangat banyak. Tanpa perlu takut akan tidak terpakah dan menjadi sampah elektronik.

Ongkos produksi dari USB Type-C juga seharusnya dapat menurut karena Apple yang pastinya akan memesan port USB Type-C dalam jumlah yang sangat besar.

Membuat proses investasi pabrik pembuatan port menjadi semakin murah dan mudah, bahkan meminimalisir tenaga kerja yang dibutuhkan juga.

Baca Juga: Ponsel Misterius Xiaomi Dengan Snapdragon 870 Ternyata adalah Xiaomi 12X

Sebenarnya Apple pada peluncuran iPhone 5 lalu, Phil Schiller pernah mengatakan bahwa Lightning akan menemani iPhone untuk satu dekade kedepan.

Artinya di tahun 2022 seharusnya umur terakhir dari Lightning, dan perubahan dengan menggunakan USB Type-C juga sebenarnya telah dijadwalkan oleh Apple sedari iPhone masih menggunakan konektor 30-pin.

Mungkin kalian belum tahu, tapi sebenarnya dibalik dari Teknologi USB Type-C, Apple adalah salah satu pencetus dari Teknologi ini dengan bekerja sama dengan berbagai vendor lainnya.

Sayangnya alih - alih sesui dengan jadwal seharusnya di tahun 2010, ternyata rekanan vendor lain seperti Samsung, Intel dll memilih untuk menunda menggunakan Port USB Type-C.

Hal ini yang membuat Apple langsung mengembangkan konektor mereka sendiri, dengan nama Lightning yang sebenarnya mengusung konsep yang sama dengan USB Type-C saat ini.

Baca Juga: Chip Flasghsip MediaTek Dimensity 9000 5G Akhirnya Dirilis, Bukan Dimensity 2000

Belum ada informasi pastinya apakah iPhone 14 Pro series saja yang akan mendapatkan USB Type-C atau ternyata non-Pro juga akan mendapatkannya juga.

Saya hanya bisa berharap agar Apple meluncurkan Dongle USB Type-C to Lightning agar mempermudah para pengguna iPhone untuk melakukan transisi dengan USB Type-C.

Masih ada kemungkinan bukan di iPhone 14 Apple akan menggunakan USB Type-C, masih ada kemungkinan justru pada iPhone 15 nanti.**

Editor: Yoel Daud Edward

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FTC Menghentikan Proses Akusisi ARM Oleh Nvidia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:09 WIB

Xiaomi 12 Akan Memiliki Desain Kamera Belakang Baru?

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:30 WIB

MIUI 13 Akan Diluncurkan Bersamaan Dengan Xiaomi 12?

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:10 WIB

Nothing Ear (1) Dapat Dibeli Dengan Uang Kripto

Jumat, 3 Desember 2021 | 12:14 WIB

Snapdragon 7c Plus Gen 3 Diperkenalkan, Sebagus apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:20 WIB

Apple Kembali Menguasai Pasar Ponsel di Tiongkok

Rabu, 1 Desember 2021 | 10:15 WIB
X