• Sabtu, 4 Desember 2021

Apple A17 Bionic Akan Memiliki Modem 5G Tersendiri, Bagaimana Nasib Qualcomm ?

- Senin, 22 November 2021 | 16:09 WIB
iPhone 13 Pro Max
iPhone 13 Pro Max



Space Media | 
Di tahun 2017 lalu Apple sempat mengalami perselisihan dengan Qualcomm, terkait Modem 4G yang digunakan oleh iPhone.

Dimana Apple merasa Qualcomm mematok harga yang sangat mahal untuk sebuah Modem 4G, dan menjadi salah satu alasan mengapa iPhone X bisa dihargai sangat mahal saat peluncurannya.

Setelah perselisihan ini Apple langsung menggunakan modem buatan Intel untuk digunakan oleh iPhone Xs yang sayangnya justru memiliki kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan modem buatan Qualcomm.

Terlebih lagi diperparah dengan jaringan 5G yang sudah mulai muncul, dan akan sangat merugikan Apple dimasa sekarang jika mereka tetap tegas pada pendirianya dan tidak menggunakan produk Qualcomm dimasa lalu.

Untungnya Apple dapat bersikap lebih bijak dengan tidak gengsian dan berbaikan dengan Qualcomm.

Baca Juga: iPhone 14 Pro Akan Menggunakan USB Type-C?

Tapi tidak hanya sampai disitu saja cerita ini, karena Apple langsung di tahun 2019 membeli bisnis unit chip modem ponsel milik Intel.

Nampaknya apa yang dilakukan oleh Apple berhasil membuahkan hasil yang cukup baik, mulai di tahun 2023 nanti. Apple akan mulai menggunakan modem mereka untuk iPhone.

Kabarnya Qualcomm di tahun 2023 nanti hanya akan memasok 20% dari total chip modem yang dibutuhkan oleh Apple untuk seluruh perangkat 5G mereka.

Baca Juga: Project Titan Sebagai Calon Mobil Pintar Pertama dari Apple Akan Muncul di Tahun 2025 Nanti?

Bahkan berdasarkan laporan dari Digitimes, mulai ditahun 2023 nanti seluruh iPhone akan hadir dengan modem buatan Apple langsung, bukan lagi menggunakan modem pihak ke3.

Apple nampaknya cukup percaya diri dengan memproduksi perangkat mereka mulai dari Hulu ke Hilir, dan memang tidak salah jika Apple terlihat percaya diri karena keberhasilan mereka pada Apple-M1 Pro dan Apple-M1 Max.

Modem yang dibuat oleh Apple juga kabarnya akan di produksi oleh TSMC, dan menambah pundi pundi keuntungan TSMC dari Apple.

Sisi positif yang bisa kita ekspektasikan adalah makin banyaknya fitur – fitur dan optimasi yang bisa diterapkan oleh Apple berkat modem buatan mereka sendiri.

Bahkan kita bisa saja melihat proses optimasi baterai pada perangkat Apple mungkin akan jauh lebih meningkat lagi berkat keharmonisan yang mereka lakukan antara Software dan Hardware.

Baca Juga: SAMSUNG Galaxy Tab S8 Ultra Akan Memiliki Poni, Sanggupkah Melawan iPad Pro?

Saya hanya berharap agar harga produksi iPhone justru tidak membengkak karena jumlah modem yang diproduksi tentu tidak akan sebanyak seperti Qualcomm yang memang memiliki bisnis modem.

Saya hanya takut jika harga modem yang dibuat oleh Apple memiliki harga yang lebih mahal dan berimbas dengan harga jual iPhone yang turut akan meningkat juga.

Semoga Apple memiliki cara untuk mengatasi hal ini.**

Editor: Yoel Daud Edward

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FTC Menghentikan Proses Akusisi ARM Oleh Nvidia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:09 WIB

Xiaomi 12 Akan Memiliki Desain Kamera Belakang Baru?

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:30 WIB

MIUI 13 Akan Diluncurkan Bersamaan Dengan Xiaomi 12?

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:10 WIB

Nothing Ear (1) Dapat Dibeli Dengan Uang Kripto

Jumat, 3 Desember 2021 | 12:14 WIB

Snapdragon 7c Plus Gen 3 Diperkenalkan, Sebagus apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:20 WIB

Apple Kembali Menguasai Pasar Ponsel di Tiongkok

Rabu, 1 Desember 2021 | 10:15 WIB
X