• Sabtu, 4 Desember 2021

Dimana Ponsel Blackberry Yang Dijanjikan Oleh Onward Mobility?

- Rabu, 24 November 2021 | 17:10 WIB
Ponsel 5G Blackberry akan lagi (Onward Mobility)
Ponsel 5G Blackberry akan lagi (Onward Mobility)



Space Media | 
Di tahun 2020 lalu, publik dibuat cukup terkejut dengan teaser kembalinya Blackberry pada pasar ponsel, melalui OnwardMobility.

Yang mana sebelumnya lisensi penggunaan merek Blackberry untuk digunakan pada bisnis ponsel dimiliki oleh TCL, hingga akhirnya TCL melepaskan brand Blackberry karena tidak dapat bersaing dengan ponsel murah dari tiongkok.

Di tahun 2020 lalu, Onward Mobility telah mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan ponsel dengan merek Blackberry yang medndukung jaringan 5G pada Semester 1 2021.

Tetapi hingga akhir tahun ini, tanda – tanda dari kemunculan ponsel Blackberry baru dengan jaringan 5G masih belum juga terlihat.

Saat ini Blackberry KEY 2 LE adalah seri Blackberry terakhir yang dirilis ke pasaran.

Baca Juga: Samsung Display Persiapkan Layar Gulung

Baca Juga: Honor 60 Akan Diluncurkan Pada 1 Desember Mendatang

Berdasarkan informasi dari OnwardMobility sebelumnya, mereka akan merilis ponsel Blackberry baru dengan jaringan 5G dan keyboard fisik.

Sebenarnya keyboard fisik walau bisa dibilang sebagai teknologi yang sudah jadul pada smartphone.

Sebenarnya tetap memiliki peminat yang menantikannya. Apalagi atas pengalaman yang hingga saat ini masih belum digantikan oleh keyboard virtual

Keyboard fisik juga terbukti ampuh untuk mengurangi typo dibandingkan laya sentuh LCD. Karena jari manusia lebih dapat mengenali sentuhan fisik daripada lokasi virtual.

Lagi pula jika memang menggunakan keyboard fisik, kita jadi bisa menemukan sesuatu yang berbeda antara ponsel saat ini.

Apa kalian tidak jenuh harus melihat jajaran ponsel yang relative mengusung tampilan tampak muka yang nyaris sama semua?

Kita akan sangat susah membedakan satu ponsel dengan ponsel lainnya dengan hanya melihat dari tampak depannya saja (kecuali iPhone dengan Notch atau ponsel yang memiliki nama brand di tampak mukanya).

Padahal di tahun ini Blackberry bisa menjadi pembeda dengan hadirnya keyboard qwerty fisik yang sempat menjadi trend di masa lalu, sebelum iPhone dirilis.

Baca Juga: TSMC Akan Ditinggalkan oleh AMD?

Baca Juga: Micron Technology Memperkenalkan RAM LPDDR5X Pertama untuk Ponsel

Jika harus kembali kemasa lalu, di masa – masa keemasan Blackberry sebagai produsen ponsel nomor 2 di dunia(tentu masih jauh dibawah Nokia saat itu).

Sebenarnya saya sangat menyukai desain dari Blackberry Javelin dan Onyx, bahkan di tahun 2013 lalu saya juga menyukai desain yang ditawarkan oleh Blackberry Z10.

Satu satunya kelemahan dan kesalahan Blackberry adalah telatnya mereka dalam mengikuti arah perubahan Trend pengguna ponsel.

Disaat itu iPhone hadir seperti membuka Era baru, dimana smartphone sesungguhnya hadir.

iPhone menyediakan apa yang selama ini tidak dapat disediakan oleh smartphone di masa itu.

Mulai dari pengoperasiannya yang jauh lebih mudah, kaya akan aplikasi yang dapat dicoba secara gratis, juga memberikan pengalaman yang baru dalam mengoperasikan sebuah ponsel.

Disaat itu Blackberry dengan kepercayaan dirinya, bersikukuh dengan konsep ponsel bisnis buatan mereka.

Yang minim akan aplikasi pihak ke3, pengoperasiaan yang tidak dipermudah, dan hanya mengandalkan Blackberry Messenger saja sebagai nilai jualnya.

Padahal jika saja Blackberry disaat itu dengan serius mencoba untuk mengikuti jejak Apple, dan langsung membuat Blackberry Strom di tahun 2008 harusnya Blackberry tidak akan tertinggal.

Sejujurnya Blackberry Strom yang diluncurkan pada tahun 2009 lalu, adalah bentuk keterlambatan Blackberry dalam menyikapi pasar yang terus berubah.

Saya hanya bisa berharap bahwa Onward Mobility tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, seperti yang dilakukan oleh Blackberry dan TCL lalu.

Dimana hanya mengandalkan brand tanpa mengikuti kemauan pengguna sesungguhnya.**

Editor: Yoel Daud Edward

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FTC Menghentikan Proses Akusisi ARM Oleh Nvidia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:09 WIB

Xiaomi 12 Akan Memiliki Desain Kamera Belakang Baru?

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:30 WIB

MIUI 13 Akan Diluncurkan Bersamaan Dengan Xiaomi 12?

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:10 WIB

Nothing Ear (1) Dapat Dibeli Dengan Uang Kripto

Jumat, 3 Desember 2021 | 12:14 WIB

Snapdragon 7c Plus Gen 3 Diperkenalkan, Sebagus apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 16:20 WIB

Apple Kembali Menguasai Pasar Ponsel di Tiongkok

Rabu, 1 Desember 2021 | 10:15 WIB
X