• Selasa, 18 Januari 2022

Tahun 2022 TSMC Akan Mulai Memproduksi Chip 3nm Untuk Apple.

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 15:30 WIB
TSMC Logo
TSMC Logo

Space Media | TSMC dilaporkan sudah siap untuk memproduksi Chip 3nm yang dipesan oleh Apple di tahun 2022 mendatang.

Kabarnya proses produksi ini sudah siap dilakukan secara otomatis, dengan mesin – mesin yang dapat mengerjakan tanpa banyak tangan manusia.

Sebenarnya walau TSMC mengatakan bahwa mereka sudah mempercepat dari jadwal sebelumnya, TSMC sebenarnya masih dianggap terlambat dalam merealisasikan proses fabrikasi ini.

Sebelumnya TSMC menargetkan bahwa proses produksi dari node 3nm sudah akan siap di Q4 Tahun 2021 ini, tetapi harus tertunda hingga tahun depan.

Apple adalah salah satu konsumen yang telah dikecewakan oleh TSMC, hal itulah yang membuat TSMC tidak menaikan harga produksi proses 5nm kepada Apple.

Disaat perusahaan – perusahaan lainnya saat ini sudah mendapati harga yang meningkat sebanyak 20%, tidak terkecuali untuk MediaTek dan Qualcomm sekalipun.

Baca Juga: Kini Pokemon GO Memiliki Grafis Lebih Baik

Baca Juga: Netflix Menambahkan Judul Game Baru Untuk Pelanggan Setia Mereka

walau sudah siap dengan proses fabrikasi 3nm, sayanganya kita belum akan melihat perangkat yang menggunakan fabrikasi ini dalam waktu dekat.

Kabarnya TSMC baru siap memproduksi chip dengan fabrikasi 3nm di semester 2 tahun 2022, yang berarti ada kemungkinan besar iPhone 14 akan langsung menggunakan chipsetr 3nm, bukan 4nm seperti pesaing – pesaingnya saat ini.

Beberapa perusahaan besar seperti Intel, AMD, Qualcomm dilaporkan oleh TSMC sudah tertarik untuk menggunakan Teknologi fabrikasi 3nm buatan dari perusahan.

Tapi jika kalian lihat dengan saksama, Intel dan AMD disini dilaporkan akan memesan proses fabrikasi dari TSMC, padahal jika kita perhatikan Intel memiliki pabrik sendiri dan AMD dilaporkan akan berpindah ke Samsung.

Saya sendiri sebenarnya cukup penasaran dengan apa yang akan dibuat oleh Intel, sebagaimana mereka yang mengatakan akan mengalahkan TSMC dalam beberapa tahun medatang.

Bahkan jika dilihat – lihat intel sendiri masih menggunakan proses fabrikasi 10nm, apa mungkin Intel akan meloncat jauh langsung menggunakan proses fabrikasi 3nm?

Sungguh menarik memang.

Baca Juga: FTC Menghentikan Proses Akusisi ARM Oleh Nvidia

Baca Juga: Xiaomi 12 Akan Memiliki Desain Kamera Belakang Baru?

Walau begitu disisi lain kita bisa melihat Qualcomm yang mengumumkan bahwa mereka menggunakan teknologi proses fabriksi 4nm buatan Samsung.

Jadi kami sedikit penasaran, apa mungkin Qualcomm akan berpindah ke TSMC untuk proses fabrikasi 3nm? Bisa iya, bisa juga tidak.

Walau begitu tanpa ketiga perusahaan besar ini sekalipun , sebenarnya TSMC juga tetap dapat bertahan hanya dari pesana Apple saja.

Kabarnya Apple sudah membooking slot produksi node 3nm TSMC sebanyak 60% untuk chip buatan Apple di tahun depan.

Dari informasi yang kami dapatkan A16 pada iPhone 14 atau iPad 5th akan menjadi model pertama dari Apple yang akan menggunakan fabrikasi 3nm.

Sekaligus mencetak rekor sebagai perusahaan pertama yang menggunakan node 3nm paling canggih di tahun depan.

Melihat performa dari A15 Bionic dan Snapdragon 8 Gen 1 yang masih terlihat diunggulkan oleh A15 Bionic, kita bisa membayangkan Apple masih akan memimpin industry CPU pada ponsel di tahun depan.

Jika menghitung secara teorinya, seharusnya node 3nm akan memberikan peningkatan performa sebanyak 11% dan lebih hemat daya 27% jika dibandingkan dengan fabrikasi 5nm.

Baca Juga: MIUI 13 Akan Diluncurkan Bersamaan Dengan Xiaomi 12?

Baca Juga: Inikah Render Dari Samsung Galaxy A73?, Berikut Detail Spesifikasinya

Masih ada kemungkinan bahwa bukan iPhone 14 yang akan menggunakan fabriksai 3nm, tetapi iPad 5th gen di tahun depan.

Hal ini dikarenakan masalah pasokan yang pasti akan membebani TSMC jika harus membuat node 3nm dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat.

Apalagi pesanan untuk iPhone 14 nanti bukan 1jt atau 2jt pcs saja, melainkan bisa hingga 80jt pcs chip dalah satu tahun.

Tentu akan lebih masuk akal jika Apple memilih untuk menggunakan node 4nm untuk iPhone 14 nanti, dan node 3nm untuk iPad 5th yang diproduksi dengan jumlah yang lebih sedikit.

Begitu juga dengan Apple M2 yang akan diproduksi dengan jumlah yang mirip – mirip dengan iPad 5th .

Jika berbicara soal kesiapan, walau TSMC sudah membangun pabrik baru di Amerika Serikat dan Jepang.

Tapi tetap saja jumlah 80jt pcs dalam setahun dan ditambah lagi oleh pesanan AMD, Intel, Qualcomm dan MediaTek akan sangat membebani TSMC dalam hal sumber daya kerja.

Masih belum ada informasi lebih detail yang kami dapatkan soal ini, tetapi melihat usaha dari TSMC, saya bisa katakana bahwa yang mereka lakukan telah benar.

Hanya tinggal menunggu perangkat Apple apa yang akan menggunakan fabrikasi ini di akhir tahun nanti, iPhone 14 kah atau mungkin iPad 5th gen.**

Editor: Yoel Daud Edward

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Motorola Sedang Persiapkan Ponsel Flagship Baru

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:25 WIB

Seluruh iPhone 14 Akan Mendukung ProMotion ?

Senin, 17 Januari 2022 | 13:39 WIB

Realme 9i Akan Segera Menyambangi India

Sabtu, 15 Januari 2022 | 17:15 WIB

Instagram Sedang Menguji Pengalaman Penggunaan Baru

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:25 WIB

Samsung Mempersiapkan Galaxy Home Mini 2

Jumat, 14 Januari 2022 | 14:13 WIB

PCIe 6.0 Diperkenalkan, Inilah Peningkatannya

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:55 WIB

Rumor Terbaru Dari Apple Watch 8

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:35 WIB

Spesifikasi Kamera Dari Xiaomi 12 Ultra bocor

Kamis, 13 Januari 2022 | 17:10 WIB
X