• Sabtu, 4 Desember 2021

Project Titan Sebagai Calon Mobil Pintar Pertama dari Apple Akan Muncul di Tahun 2025 Nanti?

- Senin, 22 November 2021 | 15:14 WIB
Logo Apple 90s
Logo Apple 90s

Space Media | Dilansir dari Bloomberg, Apple telah mengatakan bahwa mereka akan memproduksi Mobile Pintar mereka sendiri di tahun 2025 nanti.

Sebelumnya kabar mengenai Apple yang sedang mengembangkan Mobile Pintar memang telah muncul beberapa kali.

Bahkan berbagai nama merek Mobil juga mucul, sebagai vendor yang akan bekerja sama dengan Apple dalam mengembangkan Mobil ini.

Baca Juga: SAMSUNG Galaxy Tab S8 Ultra Akan Memiliki Poni, Sanggupkah Melawan iPad Pro?

Apple memiliki rencana untuk memproduksi mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu pengemudi.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, Kevin Lynch selaku Team Leader dan VP Technology di Apple mengatakan bahwa Apple sedang mencari cara bagaimana melepaskan tenaga manusia pada Mobil Pintar mereka.

Mobil Pintar yang dirumorkan akan bernama Apple Car ini sedang digarap dengan serius oleh Apple, agar makin cepat bisa diluncurkan kepublik.

Sebenarnya dari awal rumor Apple Car mincul,hingga saat ini ironisnya Apple masih belum menemukan rekanan untuk memproduksi Mobil Pintar mereka.

Bahkan bisa dibilang para rekanan yang lebih dahulu memproduksi mobile seakan – akan takut jika Apple merebut pasar mereka, dimana Apple pasti akan menyasar segmen kelas atas.

Baca Juga: Mulai 200 Jutaan, Harga dan Spesifikasi Toyota Avanza-Veloz 2022

Sebenarnya Project Titan Apple atau Apple Car akan menjadi pesaing yang sangat berat bagi Tesla dan Nissan yang juga menyasar pasar di kelas yang serupa.

Masih ada beberapa waktu bagi Apple, dan seharusnya dengan Teknologi dan sumber daya yang ada, Apple bisa berkompetisi dengan Nissan dan Tesla yang lebih dahulu nenjajakan diri di pasar mobil pintar.

Walau Apple memiliki kemampuan dan SDM yang memadai, tapi harus diakui bahwa ini kali pertama Apple terjun kedunia otomotif.

Apple hanya memiliki pengalaman dalam hal software melalui CarPlay saja, yang menjadi Software Mobil modern saat ini.

Apple sendiri memang telah dilaporkan akan terjun kedalam dunia Otomotif sedari tahun 2015 lalu, yang berarti Apple sepertinya membuatuhkan waktu hingga 10 tahun untuk dapat meluncurkan mobil pertamanya.

Menurut kami Apple Car seharusnya akan memiliki perangkat seperti iPad pada bagian tengah dashbodnya, atau di bagian tengah t- engah untuk digunakan oleh para penumnpang.

Tidak menutup kemungkinan juga Apple akan menyematkan iPad pada dudukan kepala, untuk digunakan oleh penumpang.

Tapi sepertinya Apple Car memang tidak akan sesimple seperti itu, seperti hanya menambahkan beberapa perangkat dan langsung menamainya Apple Car

Baca Juga: Apple Mendaftarkan Paten Teknologi Baru untuk iPhone.

APA FOKUS UTAMA APPLE DALAM MENGEMBANGKAN APPLE CAR ?

Menurut laporan yang kami dapatkan, Apple berencana untuk berfokus pada bagian keselamatan penumpang, bukan pada fitur entertainment atau desain yang elegan.

Apple memiliki niatan untuk memberikan keamanan ekstra dibandingkan mobil pintar lainnya, seperti Emergency Mode yang akan melakukan Take-Over kendali Mobil saat penumpang tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan saat mengemudi mobil.

Begitu juga dengan desain mobil yang akan mempertahankan kerangka mobil agar dapat menahan benturan lebih baik.

Apple juga akan berfokus pada A.i yang berada pada chip Apple Car nanti, untuk memastikan bahwa mobil pintar buatan Apple memiliki kemampuan A.i saat auto pilot lebih baik.

Apple juga kabarnya akan membuat fitur layaknya Black Box pada pesawat yang berguna untuk mengetahui alasan dibalik kecelakaan suatu saat nanti.

Masih banyak lagi sistem keamanan yang akan Apple sematkan, karena fokus utama mereka saat peluncuran dari Apple Car pertama kali adalah keamanan yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Mudah Download Video dari Twitter

Kemungkinan besar Mobil ini akan menjadi Mobil Listrik, bukan Mobil dengan Tenaga Matahari. Tapi belum ada informasi apakah akan memiliki konsep Hybrid yang juga menggunakan bahan bakar fosil atau akan benar benar menggunakan haya energy terbarukan saja.

Saat ini Apple sedang mengembangkan OS dan Maps pada untuk Apple Car, dengan Teknologi 5G dan GPS tingkat lanjut. Apple berharap bahwa pemetaan dari Apple Car akan bekerja dengan sangat baik.

Lantas kira – kira, akahkan Apple membandrol Apple Car dengan harga fantasitis layaknya mobile sport ?**

Editor: Yoel Daud Edward

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X